GANTILAH  KATA  “ SULIT” DENGAN  “ MENARIK”


BONJOUR....
Hari kedua belajar bahasa perancis..wow luar biasa rasanya. Diawal awal.. sebelum mengenal bahasa Perancis.. selalu berkata.. aku ingin belajar bahasa perancis.. aku ingin .. aku mau bisa berbicara bahasa Perancis.. suer.. benaran.... pokoknya kalo dikasih kesempatan saja.. saya akan belajar dengan sungguh sungguh. Kan belum ketemu....., biasanya pasti ngomongnya tinggi saja.. hebatlah.. wajar manusiawi..
Namun hari ini.. aku mengalami kestagnan alias mengalami kebuntuan atau kesulitan dalam memahami bahasa Perancis.. sulit.. sulit... mentok.. gak bisa memahami..timbulah frustasi..kok susah yah.. kok susah yah.. aduhh. Gimana nih.. ketika disuruh jawab pertanyaan salah.. ketika disuruh baca salah bahkan diketawain.. sama teman teman.. bahkan sampai temen yang tertawain saya sampai sakit perutnya,, untung saja gak langsung ke WC. He..he.. saya sih merasa benar dan nothing tulus saja.. tapi kok yah salah.. dan diketertawain sama temen temen.. mungkin menjurus ke arah yang jorok sih.. kedengarannya.. jadi bikin G e ERRR..
Yah sudahlah Specless..  sudah deh.. ngomong salah.. jawab juga salah.. difikir lagi mentok.. kok yo..gak nemu nemu pemahamannya..  yah.. sudahlah.. aku ke Wc dulu.. untuk cuci muka dan cari suasana baru. Khan wc di hotel kan harum . trus nyaman.. bikin refresh  juga. Namun bgtu kembali ke kelas dan mendengarkan suara suara bahasa perancis.. jadi bleng lagi alias.. SUSAH..
Langsung otak mengatakan bahwa.. susah dan fikiranku mengatakan susah dan susah.. ini karena apa sudah tua yah. Atau otak ini sudah gak mau diajak berfikir lagi yah.. dan teruuss saja mencari pembenaran pembenaran terhadap kondisi yang sekrang yaitu SULIT belajar.
Pas sedang ditengah kebingungan saya. Entah kenapa sang dosen.. bapak NURYADIN berkata begini. “ Ganti kata kata sulit menjadi kata “ Menarik”.. woooh.. itu kalimat itu langsung bereaksi ke otak saya.. saya langsung tersadar.. bahwa inilah yang membuat saya gak bisa menangkap pelaajaran bahasa Perancis. Karena saya tertanam dalam otak saya dalam fikiran bawah sadar saya, bahwa bahasa Perancis itu sulit. Ini kesalahan saya.. kesalahan yang fatal.
Langsung saat itu juga.. saya konfirmasi kepada diri saya sendiri dan saya berkata dalam hati saya bahwa. Bahasa perancis ini menark.. yah amat sangat menarik.. menarik untuk dipelajari.. menarik untuk dibaca dan menarik untuk di ucapkan.
Monsieur Nuryadin benar.....yah benar ganti kata sulit dengan kata Menarik..
 changer le mot difficile est devenu intéressant artinya ganti kata sulit menjadi kata menarik.. maka hidupmu akan menjadi mudah..  alors ta vie deviendra facile .
semenjak menanamkan kata kata menarik ketika kita mengalami kesulitan dalam belajar maka saya akan tergali lagi untuk semangat belajar dan semangat dalam mempelajari sesautu yang menarik.. sesuatu yang baru sesautu yang akan membuat hidup saya menjadi bermakna. Menjadikan hidu saya menjadi menarik dan berbahagia.

Hotel Swiss- Belresidence Jakarta, 28 Oktober 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SARINGAN MAKRUS SEBAGAI PENGGANTI PESTISIDA DI BUDIDAYA UDANG

CERITA SINGKAT KAMI DI FECAMP PRANCIS