BEDA KAH ANTARA MENILAI, MENGUKUR, MENGUJI DAN MENGEVALUASI???
Serupa tapi tak sama.. he..he...
sama ketika digunakan dalam hal menilai sesuatu.
tetapi penerapan dan penggunaanya berbeda beda
berikut penjelasannya :
Serupa tapi tak sama.. he..he...
sama ketika digunakan dalam hal menilai sesuatu.
tetapi penerapan dan penggunaanya berbeda beda
berikut penjelasannya :
·
Pengukuran (measurement) adalah proses
penetapan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu (Guilford,
1982). Pengukuran pendidikan berbasis kompetensi berdasar pada klasifikasi
observasi unjuk kerja atau kemam¬puan peserta didik dengan menggunakan suatu standar.
Pengukuran dapat menggunakan tes dan non-tes. Pengukuran pendidikan bisa
bersifat kuantitatif atau kualitatif. Kuantitatif hasilnya berupa angka,
sedangkan kualitatif hasilnya bukan angka (berupa predikat atau pernyataan
kualitatif, misalnya sangat baik, baik, cukup, kurang, sangat kurang), disertai
deskripsi penjelasan prestasi peserta didik.
·
Pengujian merupakan bagian dari
pengukuran yang dilanjutkan dengan kegiatan penilaian.
·
Penilaian (assessment) adalah istilah
umum yang mencakup semua metode yang biasa digunakan untuk menilai unjuk kerja
individu atau kelompok peserta didik. Proses penilaian mencakup pengumpulan
bukti yang menunjukkan pencapaian belajar peserta didik. Penilaian merupakan
suatu pernyataan berdasarkan sejumlah fakta untuk menjelaskan karakteristik
seseorang atau sesuatu (Griffin & Nix, 1991). Penilaian mencakup semua
proses pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan penilaian tidak terbatas pada
karakter¬istik peserta didik saja, tetapi juga mencakup karakteristik metode
mengajar, kurikulum, fasilitas, dan administrasi sekolah. Instrumen penilaian
untuk peserta didik dapat berupa metode dan/atau prosedur formal atau informal
untuk menghasilkan informasi tentang peserta didik. Instrumen penilaian dapat
berupa tes tertulis, tes lisan, lembar pengamatan, pedoman wawancara, tugas
rumah, dan sebagainya. Penilaian juga diartikan sebagai kegiatan menafsirkan
data hasil pengukuran atau kegiatan untuk memperoleh informasi tentang
pencapaian kemajuan belajar peserta didik.
·
Evaluasi (evaluation) adalah penilaian
yang sistematik tentang manfaat atau kegunaan suatu objek (Mehrens &
Lehmann, 1991). Dalam melakukan evaluasi terdapat judgement untuk menentukan
nilai suatu program yang sedikit banyak mengandung unsur subjektif. Evaluasi
memerlukan data hasil pengukuran dan informasi hasil penilaian yang memiliki
banyak dimensi, seperti kemampuan, kreativitas, sikap, minat, keterampilan, dan
sebagainya. Oleh karena itu, dalam kegiatan evaluasi, alat ukur yang digunakan
juga bervariasi bergantung pada jenis data yang ingin diperoleh.
Pengukuran, penilaian, dan evaluasi bersifat bertahap (hierarkis),
maksudnya kegiatan dilakukan secara berurutan, dimulai dengan pengukuran,
kemudian penilaian, dan terakhir evaluasi.
sekian dulu, semoga ada manfaatnya
ikan hiu ikan pari
yukkk mari................
Komentar
Posting Komentar